Begini cara Jokowarino Budi daya Ayam Kampung Begini cara Jokowarino Budi daya Ayam Kampung
Ayam kampungmerupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari dalam negeri yang dagingnya sangat banyak disukai hamir oleh semua kalangan masyarakat indonesia.biasanya ayam kampung... Begini cara Jokowarino Budi daya Ayam Kampung

index

Ayam kampungmerupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari dalam negeri yang dagingnya sangat banyak disukai hamir oleh semua kalangan masyarakat indonesia.biasanya ayam kampung di budidayakan dengan cara di umbar, Namun cara ini dipandang kurang memiliki nilai ekonomis jika tujuan pemeliharaan untuk mendapatkan atau meningkatkan penghasilan. harus ada trik khusus dalam teknik budidaya ayam kampung ini. nah kali ini sahabat jokowarino.com saya kan sedikit mengungkap Rahasia Sukses Budidaya Ayam Kampung Super, disimak ya ?

Perencanaan.

Mungkin sebelum memulai bisnis atau budidaya ayam kampung super ini adalah perencanaan, karena perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang menghasilkan dan juga agar resiko yang di terima sangat minim. Biasanya Resiko yang paling berat merupakan resiko kematian yang terjadi secara mendadak, biasanya disebabkan oleh penyakit flu burung dan gumboro.

Bibit Ayam Kampung

Bibit ayam kampung merupakan hal yang penting untuk diperhatikan sebelum budidayaayam ini. Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung untuk tujuan diambil daging atau menjual daging, maka memilih DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar dan pertumbuhan yang cepat diprioritaskan sehingga hasil daging yang akan di proleh akan besar. Selain itu waktu penetasan bibit ayam kampung (DOC) harus tepat waktu(21 hari) tidak terlalu cepat atau terlalu lama.

Ciri-ciri bibit ayam kampung yang memiliki kualitas baik yaitu berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap.

Persiapan Kandang

Adapun syarat untuk kandang yang baik :

Usahan Jarak kandang dengan permukiman atau rumah minimal 5 m (yang paling baik 10 m), Daerah tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. dengan keadaan ini ayam akan terhindar dari penyakit.

Sedangkan untuk Ukuran kandang :

Menurut jokowarino.id tidak ada ukuran kandang yang baik atau ideal, namun kebanyakan yang di gunakan untuk budidaya ayam ini adalah 4-8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian adalah julah ayam yang akan di budidayakan dan daya tampung atau kapasitas kandang. perlu di ingat ahwa Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45-55 ekor ayam kampung sampai umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam dan sempitnya ruang kandang .

Pakan

Pakan untuk ayam kampung pedaging sebenarnya sangat fleksibel dan mudah untuk di dapatkan dan tidak serumit kalau kita beternak ayam petelur. mungkin anda bisa memberikan pakan kepada ayam tersebut berupa : konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif lainnya seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain lain. Yang terpenting dalam menyusun atau memberikan ransum adalah kita tetap memperhatikan kebutuhan nutrisiayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Yang paling penting dalam pemberian pakan harus di sesuaikan dnegan keadaan umur ayamtersebut, berikut daftarnya :

7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Sedangkan air diberikan secara ad libitum (tak terbatas) dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin+antibiotika agar ayam tumbuh dengan sehat.

 

sumber : jokowarino
 

Share Button

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *